Home Feature Winifred Wells: Pengendara Sepeda Motor Perempuan Australia yang Legendaris

Winifred Wells: Pengendara Sepeda Motor Perempuan Australia yang Legendaris

37
0

Bagi kita yang tinggal di Indonesia nama Winifred Wells mungkin tidak sepopuler Ayu Ting-Ting atau Hesti Purwadinata. Namun bagi masyarakat Australia, Winifred Wells adalah sosok yang dikagumi seantero benua.

Winifred Wells adalah nama legendaris yang tercatat dalam lembaran sejarah Australia, khususnya bagi dunia roda dua di Australia. Winifred Wells merupakan perintis pengendara sepeda motor perempuan dan legenda Royal Enfield.

Winifred Wells atau akrab disapa Winnie dikenal sebagai perempuan inovatif, pemberani, dan sangat menginspirasi. Winnie dikenal masyarakat Australia sebagai sebuah perjalanan hidup mengagumkan yang sarat dengan kisah petualangan dan eksplorasi.

Lahir pada tahun 1928 di Austalia Barat, sejak kecil Winnie sudah terlihat berbeda dengan anak-anak seusia lainnya. Ia sangat tertarik dengan penjelajahan dan memiliki semangat berkelana yang tinggi. Tak heran, jika di usia 22 tahun, Winnie sudah mencatatkan dirinya di sejarah legenda sepeda motor Australia.

Setelah berhasil memiliki sepeda motor Royal Enfield Bullet 350 cc, Winnie memulai perjalanan tiga minggu bersepeda motor seorang diri dari rumahnya di Perth ke Sydney, dan kemudian kembali lagi. Tepat pada 26 Desember 1950, Winnie memulai petualangannya. Total jarak yang ditempuh mencapai 8.851 km.

Tantangan paling berbahaya yang dilewati Winnie adalah melintasi daratan Nullabor, yaitu padang pasir yang terik sepanjang 1.609 km pada musim panas dengan suhu mencapai 40°C lebih.

Ini merupakan perjalanan berbahaya yang pernah dilakukan oleh perempuan Australia pada waktu itu. Dan, Winnie sukses melakoninya.

Namun gejolak petualang Winnie tidak pudar. Bagi Winnie, pengalaman petualangan pertama ini semakin memicu semangat untuk eksplorasi lebih lanjut. Winnie bertekad mengelilingi seluruh benua Australia.

Kali ini Winnie ditemani oleh sang ayah, George, yang juga mengendarai sepeda motor Royal Enfield Bullet. Pada tanggal 23 September 1952, keduanya meninggalkan Perth menuju utara.

Winifred Wells dan Sang Ayah bersiap touring keliling Australia

Keduanya menempuh perjalanan sejauh 16.093 km dengan total waktu perjalanan selama 65 hari. Tepat pada 26 November 1952, Winnie dan sang ayah kembali ke rumahnya di Perth.

Kehidupan Winnie setelah dua petualangan yang luar biasa tersebut kemudian terus diwarnai oleh keinginan kuat untuk mendobrak batasan dan mencoba sesuatu hal yang baru. Winnie kemudian turun laga dalam lomba balap mobil.

Selanjutnya, dia ia mulai belajar terbang dan meraih lisensi pilot komersial. Kemudian, Winnie menjadi navigator untuk salah satu pilot yang mengikuti kompetisi udara Australia.

Winifred Wells wafat pada tanggal 1 Februari 2020 di usia 92 tahun. Perjalanan hidupnya tercatat dalam sejarah di negara Kanguru. Keberanian dan keteguhannya menjadi inspirasi bagi perempuan-perempuan lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here