Home Mancanegara Tantang Trump, Eks Gubernur Carolina Selatan Nikki Haley Maju Capres di Pemilu...

Tantang Trump, Eks Gubernur Carolina Selatan Nikki Haley Maju Capres di Pemilu 2024

16
0

Nikki Haley sudah mundur sebagai duta besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-bangsa. Mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu mengumumkan dirinya akan maju dalam pemilu AS 2024.

“Saya Nikki Haley dan saya akan mencalonkan diri sebagai presiden. Ini saatnya generasi baru memimpin,” kata Haley pada Selasa (14/2) dalam sebuah video, seperti dikutip AFP.

Selain pernah menjadi Dubes PBB, Haley juga pernah menjadi Gubernur Carolina Selatan.

Mantan Gubernur Carolina Selatan Nikki Haley akan memulai kampanyenya untuk pencalonan presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik 2024, menurut dua sumber yang mengetahui rencana ini pada Rabu, (1/2/2023). Jika resmi mencalonkan diri, Haley akan berhadapan dengan mantan bosnya, Donald Trump.

Langkah itu akan membuat Haley menjadi kandidat Partai Republik kedua yang menyatakan mencalonkan diri. Ini akan menyiapkan panggung baginya untuk melakukan kampanye yang lebih agresif guna menghadapi kandidat kuat seperti Trump.

Ia kemudian berujar, “Untuk menemukan kembali tanggung jawab fiskal, mengamankan perbatasan kita, dan memperkuat negara kita, kebanggaan kita, dan tujuan kita.”

Ia akan bersaing dengan sesama kandidat Partai Republik Donald Trump. Namun, sejauh ini Republik belum menentukan calon nama presiden yang mereka usung.

Eks presiden itu, beberapa kali mengumumkan dirinya bakal maju dalam Pilpres tahun depan. Ia bahkan akan kampanye perdana di negara bagian Carolina Selatan.

Carolina Selatan diperkirakan akan menjadi tuan rumah salah satu pemilihan pendahuluan dari Partai Republik pertama pada 2024 dan akan memainkan peran penting dalam memilih kandidat final dari partai berlambang gajah itu.

Carolina Selatan merupakan wilayah yang punya pengaruh besar untuk mengusung capres dalam pilpres AS. Negara bagian ini juga menjadi yang pertama menggelar ‘tarung’ kandidat capres selama beberapa tahun terakhir.

Kampanye tahap awal di Pilpres AS dilakukan sejumlah kandidat untuk memastikan dukungan suara dari masing-masing partai pengusung.

Tahap puncak Pilpres AS baru akan dimulai pada 5 November mendatang.

Tak hanya dengan Trump, Haley juga bakal bersaing dengan Senator AS Tim Scott.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here