Home Nasional Selain Ekspor, Presiden Jokowi Juga Meminta Kendaraan Listrik Terus Ditingkatkan

Selain Ekspor, Presiden Jokowi Juga Meminta Kendaraan Listrik Terus Ditingkatkan

82
0

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resm moodi membuka gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) yang dilaksanakan mulai 16-26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Dalam seremoni pembukaan Presiden Jokowi mengatakan industri otomotif nasional memiliki prospek yang sangat cerah. “Setiap tahun tumbuh dengan signifikan. Tahun 2022 tumbuh 18 persen meningkat dari tahun sebelumnya,” ujar Jokowi.

Presiden menjelaskan penjualan mobil tahun 2022 tercatat sebesar 1.048.000 unit. Sementara penjualan sepeda motor mencapai 5.221.000 atau tumbuh 3,3 persen di tahun 2022. “Akibatnya, banyak macet dimana-mana,” gurau Presiden.

Menurut Jokowi, perkembangan industri otomotif nasional mengalami pertumbuhan yang sangat bagus, baik untuk kendaraan mobil dan motor.

Melihat perkembangan yang baik tersebut, Jokowi mengajak seluruh industri otomotif untuk berorientasi pada ekspor.

Menurut Jokowi, perkembangan ekspor Indonesia juga cukup baik. Dari tahun 2021 ke 2022 sudah ada perkembangan dari 300.000 kendaraan menjadi sekitar 600.000 yang diekspor.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para industri untuk peningkatan ekspor ini,” sambung Presiden.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi juga mengajak industri otomotif untuk melihat tren dunia saat ini yaitu kendaraan listrik. Saat ini dunia sudah berorientasi pada kendaraan listrik.

Pemerintah menurut Jokowi juga mendorong perkembangan mobil listrik dari hulu sampai hilir. “Agar ekosistem besar kendaraan listrik bisa kita miliki supaya kita bisa masuk dalam global supplay chain,” ungkap Jokowi.

Ajang tahunan IIMS kali ini juga menghadirkan para pelaku industri roda dua yang memboyong sepeda motor listrik terbarunya, seperti Alva, Yadea, Polytron, United, Gesits serta beberapa merek lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here