Home Mancanegara Pabrikan Mobil Cina Geely Perkuat Valuasi Merek Zeekr Senilai USD13 Miliar

Pabrikan Mobil Cina Geely Perkuat Valuasi Merek Zeekr Senilai USD13 Miliar

24
0

Zhejiang Geely Holding Group (Geely Holding), grup otomotif swasta terbesar di Cina, menyambut penggalangan dana A-Series senilai USD750 juta di ZEEKR Intelligent Technology (Zeekr), (13/2/2023).

Zeekr merupakan merek kendaraan listrik murni yang termasuk dalam portofolio Geely Holding dan sudah beredar di pasar Eropa, Amerika, dan Cina.

Setelah menyelesaikan investasi oleh lima investor – Prof. Amnon Shashua, Contemporary Amperex Technology Ltd (CATL), Yuexiu Industrial Fund, Tongshang Fund dan Xin’an Intelligent Manufacturing Fund – Zeekr akan bernilai USD13 miliar.

Zeekr akan menggunakan dana yang terkumpul tersebut untuk mempercepat pengembangan global dari teknologi hak milik mereka, sekaligus juga bertujuan untuk memperluas jejak pasar globalnya yang sudah ada di Eropa pada tahun 2023.

Daniel Donghui Li, CEO Geely Holding Group mengatakan, “Penggalangan dana Seri-A adalah mosi percaya pada prospek pertumbuhan dan masa depan yang kuat dari Zeekr, yang menjadi merek terbaru dalam portofolio Geely Holding untuk mengamankan valuasi yang kuat.”

“Geely Holding akan terus mencari cara untuk membuka nilai di seluruh portofolio kami saat kami memelopori solusi layanan dan mobilitas baru untuk memenuhi permintaan pelanggan di seluruh dunia,” tambah Daniel dalam keterangan resminya.

Zeekr didirikan pada 15 April 2021 sebagai merek electric vehicle (EV) mewah global dengan pusat penelitian dan pengembangan di Gothenburg, Swedia dan Hangzhou, Cina.

Zeekr memulai pengiriman model Zeekr 001 andalannya pada Oktober 2021, mengirimkan lebih dari 80.000 unit hingga saat ini. Pada Januari 2023, Zeekr mulai mengirimkan MPV EV ukuran penuh Zeekr 009 ke pemesannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here