Home Opini Menangkap Peluang & Mengembangkan Usaha dengan Melek Digital

Menangkap Peluang & Mengembangkan Usaha dengan Melek Digital

44
0

Sebenarnya ada banyak peluang yang tersedia dalam diri kita dalam bentuk minat, bakat dan hal-hal sederhana di sekitar kita yang bisa kita kembangkan.

Yang sangat jelas peluang bisnis online luar biasa banyak dan besarnya dalam berbagai bentuk.

Mulai dari yang sangat sederhana saja, seperti jualan memakai What’s app, Facebook, Instagram, Tiktok sampai yang sulit seperti pembuatan web, program aplikasi dan banyak lagi.

Apakah kita siap untuk meraih peluang ini? Kuncinya untuk dapat meraih peluang kita harus siap dengan banyak belajar dan open minded terhadap hal-hal baru,

Bagaimana dengan Anda sebagai pelaku usaha mikro?

Bila bisnis kita relatif masih kecil, lalu bagaimana cara untuk mengembangkannya?

Semua orang dewasa asalnya juga dari anak kecil bahkan dari bayi yang mungil. Bahkan pohon raksasa yang tingginya puluhan meter asalnya juga dari pohon kecil yang tumbuh dari biji.

Lalu bagaimana bisa berkembang besar?

Tentu saja tidak pernah ada rumusan baku yang bisa menyulap usaha mikro bisa langsung jadi besar, diperlukan sebuah proses tahap demi tahap untuk bisa menjadi besar.

Ada yang tahapannya berkembang lambat tapi ada juga yang tahapannya berkembang dengan relatif lebih cepat.

Google, Facebook, Gojek dan banyak perusahaan berteknologi kekinian berkembang relatif jauh lebih cepat dibanding perusahaan-perusahaan konvensional.

Ada banyak hal dalam bisnis UMKM yang harus dibenahi untuk bisa menjadi besar, misalnya masalah pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, teknologi, dan yang lainnya.

Memperbesar bisnis tidak cukup hanya dengan menjual atau mencari untung saja, tetapi perlu memikirkan strategi pemasaran, segmen pasar, kebutuhan pasar, dll.

Keuntungan dari penjualan seharusnya tidak diambil untuk dikonsumsi tetapi sebagian besar sebaiknya dipergunakan sebagai tambahan modal kerja sehingga bisnis menjadi sedikit lebih besar.

Banyak usaha kecil tidak memisahkan uang pribadi dan uang usaha sehingga seringkali terjadi modalnya bukan bertambah besar tapi bertambah kecil tanpa terasa, dalam usaha kecil biasanya hampir semua dikelola oleh pemilik tanpa adanya pendelegasian ke orang lain.

Sehingga pemilik tidak fokus dalam memikirkan cara mengembangkan usahanya dan hanya sibuk melayani pembeli, dari mulai tawar menawar, mengambil dan mengemas produk yang dibeli sampai dengan urusan kembalian uang receh ke pembeli yang tentunya sangat merepotkan.

Teknologi masa kini mau tidak mau wajib dipikirkan dan dimanfaatkan dengan melibatkan mereka yang ahli dibidangnya atau bermitra dengan bank yang memiliki platform dan aplikasi yang dapat membantu kegiatan usaha menjadi lebih tertata rapi.

Saat ini banyak perbankan yang menyediakan platform dan aplikasi secara gratis untuk membantu pemasaran dan administrasi bagi nasabahnya.

Jadi, bermitra dengan bank jangan terbatas pada permodalan tetapi manfaatkan platform dan aplikasi yang tersedia dan ditawarkan pihak bank.

Sebagai contoh Pasar.id, PARI (Pasar Rakyat Indonesia) yang berbasis komunitas atau ekosistem (pedagang, peternak, petani, pengepul) dan aplikasi kasir atau tagihan yang disediakan dan dapat membantu para pelaku usaha.

Lakukanlah perbaikan terus menerus dalam banyak hal sehingga semakin baik, efisien, teratur, untung dan semakin berkembang, untuk itu dibutuhkan kreativitas pemilik agar terus maju dan berkembang.

Selamat berusaha keras dan cerdas. Salam UMKM.

EDY SURYA

Pemerhati UMKM, Ikatan Bankir Pancasila

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here