Home Olahraga Ini Layout Trek Balap F1 PowerBoat yang Digelar di Danau Toba

Ini Layout Trek Balap F1 PowerBoat yang Digelar di Danau Toba

38
0

Kawasan wisata Danau Toba saat ini terlihat ramai dengan kehadiran para pembalap jet air yang akan berlomba di Kejuaraan F1 PowerBoat putaran 1 musim balap 2023.

Merupakan satu kehormatan bagi Indonesia menjadi tuan rumah laga perdana balap F1 PowerBoat untuk musim 2023. Tahun ini kejuaraan F1 PowerBoat akan digelar sebanyak 8 seri.

Ajang F1 Powerboat (F1H2O) World Championship ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk terus menggenjot sektor pariwisata sebagai lokomotif pemulihan ekonomi nasional 2023-2024, melalui penanangan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Baca Juga: Seluruh Tim F1 PowerBoat Siap Tanding di Danau Toba

Pada balapan di Danau Toba ini akan diikuti oleh 20 pembalap dari 10 tim yang akan melaju cepat di permukaan air Danau Toba. Mereka akan mengendarai boat bertenaga besar yang sanggup melesat hingga 250 km/jam di atas permukaan air.

Balap Power Boat di Danau Toba akan menempuh jarak 2,8 km untuk satu putarannya. Para pembalap akan berlomba selama kurang lebih 45 menit mengelilingi trek yang ditandai dengan pelampung besar (buoy).

Untuk trek Danau Toba penyelenggara telah mempersiapkannya dengan baik. Terdapat trek lurus sejauh 520 meter yang memungkinkan para pembalap memacu boatnya dengan sangat cepat.

Para pembalap akan bekerja keras, tidak hanya memacu boatnya dalam kecepatan tinggi, namun juga akan berkutat dengan setingan mesin yang harus dilakukan dengan baik, mengingat lomba di Danau Toba ini berada di ketinggian hampir 1000 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga: Mercedes-Benz AMG Lahir dari Ambisi Dua Insinyur Pencinta Balap

Dengan kondisi tersebut, tentunya setingan mesin harus disesuaikan agar pasokan udara yang masuk ke ruang mesin tetap lancar. Ini tentunya membutuhkan keahlian dan keterampilan khusus dari tim teknis masing-masing tim.

Seri pembuka di Danau Toba ini memang menjadi tantangan khusus bagi peserta balap. Selain setingan mesin, mereka juga harus memahami karakter alam seperti arus angin, arus danau dan persoalan teknis lainnya.

Para pembalap saat ini sedang mempersiapkan boat yang akan mereka gunakan. Untuk sesi latihan bebas akan dilaksanakan pada Jumat siang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here