Home Daerah Ini Kendaraan Kecil Penjinak Api Segala Medan Buatan Cimahi, Bandung

Ini Kendaraan Kecil Penjinak Api Segala Medan Buatan Cimahi, Bandung

49
0

Satu lagi produsen kendaraan asli Indonesia, Fin Komodo, memperkenalkan model terbarunya yang memiliki spesifikasi sebagai kendaraan pemadam kebakaran (damkar), khususnya di wilayah yang sukar dijangkau mobil pemadam lazimnya.

Di arena IIMS 2023 pabrikan mobil asal Cimahi Bandung ini memboyong salah satu produk unggulannya yaitu Fin KD250X Damkar. Ini merupakan kendaraan kecil serbaguna yang bisa diajak melibas jalur-jalur off-road yang sukar dijangkau kendaraan biasa.

Sejatinya, Fin KD250X didesain untuk menunjang kegiatan operasional lapangan, seperti untuk patroli wilayah, penanganan kebakaran hutan dan bencana alam di wilayah non-infrastruktur.

Pada tipe Damkar ini, Fin Komodo memodifikasi KD250X dengan kelengkapan ala pemadam kebakaran yang bertugas sebagai penjinak api.

Kendaraan ini menggunakan platform dasar dari seri KD250X namun dilengkapi dengan tabung dry chemical powder (CT6), carbon dioxide (CO2), foam system F30, dan utility box untuk penyimpanan kelengkapan APD atau barang lainnya.

Fin KD250X Damkar ini di desain sebagai kendaraan penanggulangan awal kebakaran di pemukiman padat penduduk, perkebunan, hutan dan daerah pedalaman yang tidak ada infrastruktur jalan aspal.

Fin KD250X Damkar ini dapat diposisikan di titik-titik pemukiman padat penduduk yang rawan kebakaran, sehingga kejadian awal kebakaran dapat langsung diatasi sebelum api semakin membesar dan meluas.

Fin KD250X Damkar ini dibekali mesin 4 stroke berkapasitas 250 cc dengan tenaga maksimal 14 HP/7500 rpm, dan torsi maksimal 17,6 Nm/5500 rpm. Mobil berpenggerak roda belakang ini menggunakan transmisi CVT otomatis.

Kemampuan off-roadnya tidak perlu diragukan lagi. Meski hanya memiliki kecepatan maksimal 40 km/jam, namun kendaraan ini sangat lincah diajak melibas jalan-jalan off-road.

Apalagi dengan didukung suspensi fully independent double wishbone dengan per keong dibagian depan dan belakang. Sistem kemudi yang menggunakan rack n pinion serta rangka tubular membuatnya mudah diajak bermanuver.

Mobil ini bisa mengangkut barang hingga 200 kg dan 2 orang penumpang. Dengan kemampuan tersebut Fin KD250X Damkar ini bisa membawa pompa air, selang, dan perlengkapan pemadam lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here