Home Uncategorized Indonesia Berangkatkan Bantuan Kemanusiaan 3 Tahap ke Turki

Indonesia Berangkatkan Bantuan Kemanusiaan 3 Tahap ke Turki

31
0

Pemerintah Indonesia turut berduka atas gempa bumi dengan magnitudo 7,7 yang mengguncang wilayah Turki dan Suriah, yang terjadi pada Senin (6/2/2023), waktu setempat. Indonesia pun memberangkatkan bantuan tahap 1 ke Turki pada Sabtu (11/2/2023).

Pusat gempa itu sendiri berada 26 km selatan Nurdagi, Turki dan berdampak sangat besar.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh situs kebencanaan Pemerintah Turki (AFAD) 10 Feb 2023, korban jiwa dalam bencana tersebut mencapai 18.991 jiwa tewas dan 75.523 korban luka, serta ribuan bangunan rusak.

Menyikapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengarahkan jajarannya untuk membantu Turki yang diguncang gempa dahsyat. Bantuan Pemerintah RI untuk Turki dalam tiga tahap.

“Bapak Presiden RI memberikan arahan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban terdampak, mengingat hubungan diplomatik Indonesia dan Turki yang sudah berlangsung sejak lama,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (11/2/2023).

“Oleh karena itu, didasari oleh semangat kemanusiaan, gotong royong, dan hubungan persahabatan dengan Turki sehingga Pemerintah Indonesia bermaksud memberikan bantuan berupa Emergency Medical Team (EMT), Middle Urban Search and Rescue Team (MUSAR), kebutuhan logistik dan peralatan serta bantuan lainnya yang akan dikirimkan secara bertahap,” sambungnya.

Muhadjir menjelaskan usai bantuan tahap pertama dikirimkan hari ini, bantuan tahap kedua yakni tim medis dan logistik medis akan dikirimkan pada Senin (13/2) mendatang. Dia menyebut besok lusa ada 105 personel medis yang berangkat.

“Sebanyak 105 personel lengkap dengan obat-obatan, peralatan rumah sakit lapangan untuk melakukan operasi darurat di lapangan. Tim akan diberangkatkan tanggal 13 Februari 2023,” sambung dia.

Kemudian Muhadjir menjelaskan Lebih lanjut, bantuan tahap ketiga yang dikirimkan berupa logistik dan peralatan lainnya. Namun belum disebutkan kapan bantuan ketiga dikirimkan.

Di kesempatan yang sama, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Suriah akan menyusul setelah Pemerintah RI mengirim bantuan ke Turki.

“(Bantuan untuk Suriah) akan menyusul,” ujarnya.

Sebelumnya Prabowo menyebutkan pemerintah memberangkatkan bantuan logistik awal ke Turki sebanyak 5 ton. Adapan bantuan, berupa makanan hingga pakaian.

“Ada makanan, ada sepatu, ada baju hujan, ada selimut dan kita akan terus kirim. Medis itu akan menyusul semua dengan tim medis dari TNI dan Kemenkes,” jelas Prabowo.

Bantuan diberangkatkan menggunakan dua pesawat TNI AU yaitu, Boeing 737 TNI AU yang memuat bantuan dan personel. Sementara pada pesawat Hercules C 130 hanya memuat crew pesawat (TNI AU) serta barang – barang bantuan dari Basarnas dan Kemenhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here