Home Mancanegara Gempa Turki Terus Memakan Korban Jiwa

Gempa Turki Terus Memakan Korban Jiwa

38
0

Gempa bumi yang melanda Turki dan Suriah dengan kekuatan 7,8 SR yang terjadi pada Senin, (6/2/2023) memakan korban jiwa yang terus bertambah.

Dilansir dari CNN Indonesia, tercatat hingga hari ini, (8/2/2023), korban bencana alam gempa bumi Turki telah memakan korban jiwa sekitar 7.266 orang. Sementara korban jiwa di Suriah tembus 1.832 orang.

Upaya penyelamatan yang dilakukan pemerintah Turki mengalami hambatan salju musim dingin yang menutupi jalan-jalan utama. Besarnya dampak gempa membuat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan status darurat bencana selama tiga bulan.

Gempa bumi di Turki ini merupakan gempa bumi terkuat sejak gempa berkekuatan 7,8 SR memporakporandakan Provinsi Erzincan pada tahun 1939 yang merenggut 30 ribu korban jiwa.

Turki memang berada di jalur gempa yang termasuk paling aktif di dunia karena terdapat dua patahan di lempeng Anatolia.

Dilansir Republika, kedua patahan tersebut adalah Patahan Anatolia Utara yang membentang antara lempeng Anatolia dan lempeng Eurasia di sebelah utara daratan Turki.

Serta, patahan Anatolia Timur yang membentang sepanjang lempeng Arab hingga bagian tenggara Turki. Pergerakan di patahan Anatolia Timur inilah yang diyakini menjadi pemicu gempa bumi dahsyat di Turki.

Fakta lainnya, gempa yang terjadi pada pukul 04.17 pagi waktu setempat berpusat di kota Kahramanmaras yang berjarak 33 km dari di Provinsi Gaziantep Turki bagian tenggara yang berdekatan dengan perbatasan Turki-Suriah.

Episentrum gempa yang terjadi pada kedalaman 18 km membuat energi gempa yang dihasilkan sanggup memporakporandakan wilayah pemukiman di atasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here