Home Nasional Gelaran Indo Defence 2022 Pindad Hasilkan Berbagai MoU Strategis

Gelaran Indo Defence 2022 Pindad Hasilkan Berbagai MoU Strategis

34
0

Kerja keras tak pernah menghianati hasil dan peristiwa tersebut setali tiga uang dengan momentum perusahaan pelat merah PT Pindad yang sedang mengadakan event Indo Defence 2022 Expo.

Pindad merupakan perusahaan milik BUMN yang bergerak dalam bidang industri peralatan pertahanan, memiliki visi menjadi produsen alat pertahanan terkemuka se-Asia melalui upaya inovasi produk dan kemitraan strategis.

Gelaran Indo Defence 2022 menjadi media komunikasi dan informasi yang efektif untuk menjalin berbagai kontrak bisnis dan kerja sama strategis untuk memperkuat kapasitas dan kapabilitas PT Pindad.

PT Pindad menandatangani berbagai MoU (Memorandum of Understanding) pada gelaran pameran Industri Pertahanan Internasional terbesar se-Asia Tenggara, Indo Defence 2022 Expo & Forum yang digelar pada 2-5 November 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Adapun berbagai MoU yang ditandatangani antara lain:

1. MoU Pindad dengan Republic Armamen Industri 

Pindad bersama dengan Republic Armamen Industri menjajaki kerjasama dalam bidang sub assy dan suku cadang senapan serbu jenis bullpup kal 5.56 mm yaitu IFAR 5.56 dengan ruang lingkup Rakitan Laras, Rakitan Pembawa Penutup, Rakitan Picu Lengkap, Rakitan Pemukul, Piston, Pemegat Tembak, dan Pegas Pemegat. Pada kerja sama ini juga akan di lakukan pengembangan dan produksi bersama IFAR 5.56.

2. LOI Pindad dengan Dwi Mitra dan NKRI

Pindad menandatangani LOI dengan PT Dwimitra Pasifik Internasional dan PT Nanggala Kencana Rekatama Indonesia terkait pembelian 100 pucuk produk Pistol Sport & Bela Diri produksi PT Pindad.

3. MoU Pindad serta Pindad Enjiniring Indonesia/PT PEI (anak perusahaan Pindad) dengan Two Sun Eng serta Kyeongin Tech (Korea)

PT Pindad dan anak perusahaan PT Pindad Enjiniring Indonesia (PEI) menjalin kerja sama dengan perusahaan asal Korea yaitu PT Two Sun Eng dan Kyeongin Tech terkait Remote Controlled Weapon Station (RCWS).

Dalam penandatanganan ini para pihak setuju untuk menjalin kerja sama yang memiliki ruang lingkup perakitan lokal, produksi bersama, integrasi ke kendaraan, pemasaran dan penjualan, layanan purnajual, pengembangan bersama, pengujian dan sertifikasi, serta serangkaian program alih pengetahuan.

4. MoU Pindad dengan Indumil (Kolombia)

PT Pindad dan Indumil perusahaan asal kolombia melakukan penandatanganan MoU sebagai langkah awal untuk menginisiasi keinginan bersama untuk melakukan kerja sama strategis dengan ruang lingkup di bidang produk militer dan produk komersial yang meliputi Pemasaran dan Penjualan Bersama, Produksi dan perakitan bersama, pengembangan bersama, serta pelatihan produk.

5. MoU Skilltrim dan LTAT Malaysia (Malaysia)

PT Pindad menjajaki potensi kerja sama dengan 2 perusahaan asal Malaysia yaitu Skilltrim yang bergerak di bidang manufaktur produk – produk plastik dan besi serta LTAT yang kegiatan utamanya adalah menyediakan dana pensiun dan manfaat bagi para kontributor.

Tujuan dari penandatangan ini yaitu memeriksa kelayakan potensi kolaborasi proyek, menilai potensi sinergi dan dampak proyek, membentuk suatu bisnis usaha patungan.

6. MoU Pindad dengan MARUSS SDN BHD (Malaysia)

PT Pindad dan Maruss SDN BHD menandatangani potensi kerja sama yang dapat dijajaki dalam bidang produksi senjata, komponen senjata, pemasaran dan penjualan, pengembangan bersama dan serangkaian program alih pengetahuan.

7. Perjanjian Kerja Sama Pindad dengan EOST (Korea)

PT Pindad dan EOST menandatangani Perjanjian Kerja Sama Industri produk – produk optic dan optronic.

Ruang Lingkup pada Perjanjian Kerja Sama PT Pindad dan EOST ini meliputi kegiatan pemasaran dan penjualan produk di Indonesia, Layanan Purna Jual, Pasokan suku cadang, Perakitan produk secara lokal, produksi komponen secara lokal, menggunakan peralatan dan perlengkapan serta permesinan yang disediakan oleh EOST untuk produksi lokal, dan pelatihan operasional.

8. MoU Pindad dengan MSM (Slowakia)

PT Pindad menandatangani MoU dengan perusahaan asal Republik Slowakia MSM EXPORT dengan ruang lingkup kerja sama yaitu pasokan komponen untuk perakitan, pasokan lengkap produk dan jasa untuk produk 100 mm dan 155 mm munisi artileri, 105 mm amunisi artileri, serta 122 mm roket GRAD.

PT Pindad

PT Pindad sebagai anggota dari BUMN holding industri pertahanan Defend ID aktif memproduksi berbagai alutsista untuk kebutuhan TNI, Polri dan juga telah menghasilkan sejumlah produk unggulannya seperti senjata, amunisi dan kendaraan khusus.

PT Pindad juga memiliki Direktorat Industrial yang menghasilkan alat berat seperti ekskavator, alat mesin pertanian, bahan peledak komersial dan jasa pertambangan, pengait rel kereta api, motor traksi hingga generator.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here