Home Mancanegara Bos YouTube Susan Wojcicki Mengundurkan Diri

Bos YouTube Susan Wojcicki Mengundurkan Diri

33
0

CEO YouTube Susan Wojcicki mengumumkan pengunduran dirinya sebagai kepala platform video milik Google tersebut, (16/2/2023).

Susan menjelaskan pengunduran dirinya tersebut agar lebih fokus kepada keluarga dan kesehatannya. Sebagai penggantinya diserahkan kepada orang terdekat Susan, Neal Mohan.

Meski pensiun dini, namun Susan tidak sepenuhnya meinggalkan YouTube, pasalnya dia tetap berperan sebagai penasehat di Google dan perusahaan induknya Alphabet.

“Saya telah memutuskan untuk mundur sebagai CEO YouTube dan memulai babak baru yang berfokus pada keluarga, kesehatan, dan proyek pribadi yang saya sukai,” kata Susan Wojcicki dalam email kepada para staf yang dibagikan di blog resmi YouTube.

“Susan telah membangun tim yang luar biasa dan memiliki penerus Neal Mohan yang siap untuk memulai dan memimpin YouTube melalui dekade kesuksesan berikutnya,” kata CEO Alphabet Sundar Pichai dalam sebuah pernyataan.

Susan Wojcicki bergabung dengan Google sebagai manajer pemasaran pada tahun 1999, beberapa bulan setelah pendirinya Larry Page dan Sergey Brin menyewa garasi rumah orang tuanya di Silicon Valley sebagai kantor mereka.

Dia menyarankan Brin dan Page untuk membeli YouTube pada tahun 2006 dan platform periklanan online DoubleClick pada tahun 2007.

Dia menjadi CEO YouTube pada tahun 2014, dan menjadikan Mohan – yang berasal dari DoubleClick – sebagai chief product officer pada tahun 2015.

“Selain memainkan peran penting dalam meluncurkan YouTube TV dan Shorts, Mohan telah memimpin Trust and Safety team serta memastikan bahwa YouTube memenuhi tanggung jawabnya sebagai platform global,” kata Susan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here