PT Toyota Astra Motor (TAM) membukukan catatan penjualan sebanyak 331.410 unit (wholesales) untuk tahun 2022. Hal tersebut disampaikan TAM melalui siaran persnya.
Catatan penjualan tersebut naik 12,1% dari tahun 2021 yang berada di level 295.000 ribu. Dengan ini, Toyota sukses memimpin pasar otomotif Indonesia dengan Market Share 31,6%.
Toyota meyakini pertumbuhan penjualan tersebut dipengaruhi oleh pulihnya perekonomian nasional dan adanya peningkatan daya beli masyarakat. Apalagi selaras dengan perumbuhan market overall yang mulai strong recovery setelah dilanda pandemi 2 tahun belakangan.
“Kami berharap, tren ini akan terus berjalan ke arah yang positif sehingga Toyota dapat turut berkontribusi meningkatkan perekonomian, sekaligus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam,” kata Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.
Penjualan Toyota di tahun 2022 masih di dominasi oleh segmen MPV yang berkontribusi sebesar 57,6%. Beberapa line up MPV dan SUV Toyota seperti Avanza, Kijang Innova, Kijang Innova Zenix, serta Rush masih menjadi pilihan utama masyarakat.
Angka penjualan Avanza pada tahun 2022 berhasil mencapai 60.619 unit, meningkat 49% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021 sebesar 40.777 unit. Apabila digabung dengan Veloz, angka penjualan Avanza dan Veloz mencapai 92.641.
Selain itu, mobil legendaris keluarga Indonesia, Kijang Innova yang baru saja upgrade generasi menjadi Kijang Innova Zenix, berhasil mencatatkan penjualan total 46.933 unit. Jika digabung, total penjualan segmen MPV Toyota menguasai lebih dari 52% market MPV nasional.
Segmen kendaraan elektrik juga menunjukkan tren yang semakin positif tahun ini. Total penjualannya secara whole sales telah melebihi 4.463 unit. Naik sangat signifikan 130% dari tahun 2021 yang ditutup pada level 1.935 unit.
Pencapaian ini didukung lewat hadirnya kendaraan Battery EV pertama, Toyota bZ4X dan kendaraan Hybrid EV yang diproduksi lokal pertama Kijang Innova Zenix.
“Penjualan Toyota tahun ini masih didominasi oleh model-model MPV yang menyumbang lebih dari 50% total penjualan 2022 sebanyak 191.010 unit, naik 21% dari tahun 2021,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.
“Kendaraan elektrifikasi juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan tahun ini, apalagi dengan kehadiran Kijang Innova Zenix Hybrid. Hasil ini tentu akan menjadi basis bagi Toyota dalam melakukan pengembangan teknologi yang selaras dengan kebutuhan mobilitas masyarakat serta lebih ramah lingkungan,” katanya.
