Home Gaya Hidup Mercedes-AMG Lahir dari Ambisi Dua Insinyur Pencinta Balap

Mercedes-AMG Lahir dari Ambisi Dua Insinyur Pencinta Balap

55
0

Kalau Anda mengaku pencinta balap, pasti akrab dengan nama Mercedes-AMG. Nama Mercedes-AMG merupakan nama yang begitu populer di dunia otomotif, terutama bagi Anda yang menyukai kecepatan. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah lahirnya Mercedes-AMG?

Mercedes-AMG merupakan lini khusus milik Mercedes-Benz dengan spesialisasi menciptakan versi performance dari kendaraan mewah Mercedes-Benz.

Di mana kendaraan-kendaraan Mercedes-AMG memiliki mesin khusus yang dirancang dengan tenaga lebih dan desain body juga tampil lebih sporty, sesuai dengan performa mesin.

Ketiga huruf AMG adalah gabungan antara nama keluarga kedua pendiri perusahaan, yaitu Hans Werner Aufrecht dan Erhard Melcher, serta kota tempat tinggal Hans Werner Aufrecht yaitu Großaspach.

Singkatan AMG berarti Aufrecht, Melcher, Großaspach. “One Man, One Engine” menjadi filosofi yang membedakan Mercedes-AMG dengan merek-merek otomotif lainnya.

Filosofi ini diterapkan di pabrik Mercedes-AMG di kota Affalterbach dan Sindelfingen, Jerman, di mana setiap mesin hanya akan dikerjakan oleh satu orang, memberikan sentuhan yang lebih personal dengan standar performa terbaik.

Kisah kesuksesan Mercedes-AMG dimulai di sebuah garasi kecil di tahun 1960-an. Hans Werner Aufrecht dan Erhard Melcher adalah dua insinyur yang bekerja di Mercedes-Benz, yang pada waktu itu dikenal sebagai Daimler-Benz.

Aufrecht dan Melcher merupakan anggota divisi Development Department yang pada saat itu mengerjakan mesin balap untuk model 300 SE. Sayangnya proyek motorsport tersebut dihentikan perusahaan.

Meski demikian, semangat terhadap motosport dari kedua insiyur ini tidak padam. Di waktu luang, mereka terus mengerjakan mesin balap 300 SE di rumah Aufrecht di kota Großaspach.

Pada tahun 1965, Manfred Schiek, kolega mereka di Daimler-Benz, menjadi salah satu pembalap di German Touring Car Championship. Schiek menggunakan mobil dengan mesin 300 SE karya Aufrecht dan Melcher.

Diluar dugaan Schiek berhasil memenangkan 10 balapan. Kemenangan tersebut mempopulerkan reputasi Aufrecht dan Melcher sebagai ahli performa mesin Mercedes-Benz.

Namun, reputasi yang baik belum cukup untuk Hans Werner Aufrecht. Ia memiliki visi untuk menciptakan kendaraan yang dapat digunakan di jalan raya dengan model seperti mobil balap 300 SE.

Aufrecht kemudian mengundurkan diri dari Mercedes-Benz di tahun 1966 dan pada tahun 1967 mendirikan perusahaan bersama Erhard Melcher.

Nama perusahaannya cukup panjang “Aufrecht Melcher Großaspach Ingenieurbüro, Konstruktion und Versuch zur Entwicklung von Rennmotoren” (Aufrecht Melcher Großaspach engineering firm, design and testing for the development of racing engines).

Perusahaan ini berawal di tempat yang dulunya merupakan tempat penggilingan di kota Burgstall.

Tidak lama setelah berdirinya perusahaan, mesin-mesin yang dikerjakan oleh Aufrecht dan Melcher menjadi hal yang wajib dipakai tim balap pribadi.

Beberapa tahun kemudian, di tahun 1984, Mercedes-AMG menjadi perusahaan yang memanufaktur mesin dan pada akhir tahun 1980an, menjalin kerja sama dengan Daimler-Benz untuk mobil balap.

Pada tahun 1990, permintaan konsumen untuk kendaraan Mercedes-AMG telah berkembang pesat. Pada tahun 1993, Mercedes-Benz C 63 AMG diperkenalkan untuk pertama kalinya dan Mercedes-AMG pun menjadi sebuah merek dagang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here