Home Feature Mengenal Asal Usul Es Cendol Elizabeth yang Kesohor

Mengenal Asal Usul Es Cendol Elizabeth yang Kesohor

64
0

Nama Elizabeth bukan hanya terkenal di Inggris saja, tapi juga di Kota Bandung. Di Inggris Ratu Elizabeth II telah mangkat 8 September 2022. Tapi di Bandung nama Elizabeth tetap hidup.

Elizabeth di Kota Bandung ini dikenal sebagai es cendol yang berada di Jalan Inhoftank nomor 64. Es Cendol Elizabeth merupakan minuman tradisional yang terbuat dari tepung beras dengan warna hijaunya yang khas.

Cendol Elizabeth merupakan salah satu minuman segar yang terkenal di Kota Bandung sejak puluhan tahun lalu.

Dikutip dari Diskominfo Kota Bandung, sejak 1972, H. Rohman, pendiri es cendol Elizabeth sudah mulai berjualan es cendol keliling kampung menggunakan gerobak.

Saat itu dirinya masih tinggal di rumah kontrakan di Jalan Lio Genteng, Astanaanyar. H.Rohman keliling menjajakan dagangannya hingga ke Dago dan Cihampelas.

Setiap pulang berjualan Rohman selalu melewati Jalan Otista. Di sana terdapat rumah ibu Eli yang merupakan langganan cendolnya. Hingga akhirnya ia mulai berjualan di depan rumah Eli.

Saat itu, adik Eli bekerja di salah satu toko tas. Melihat Rohman sering berjualan di depan rumahnya menggunakan gerobak, Eli pun ingin menitipkan tas reject adiknya kepada Rohman untuk dijual.

Akhirnya rumah Eli menjadi toko tas dan berdiri plang toko tas Elizabeth, sementara Rohman masih berjualan es cendol.

Lambat laun, orang-orang menyebut dagangan Rohman dengan sebutan es cendol Elizabeth. Eli pun tidak keberatan dengan sebutan itu. Maka, nama es cendol Elizabeth pun menjadi ciri khasnya.

Sekitar tahun 1998 es cendol Elizabeth pindah ke Jalan Inhoftank nomor 64. Selain menjual es cendol, juga menjual es goyobood.

Saat ini es cendol Elizabeth hanya memiliki cabang di Kota Tasikmalaya, Majalaya, dan mendistribusikan ke supermarket.

Es cendol Elizabeth buka setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB. Harga cendol Rp22.000/bungkus, sedangkan es goyobod Rp32.000/bungkus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here