Home Gaya Hidup Bentley State Limousine Setia jadi Mobil Dinas Ratu Elizabeth II

Bentley State Limousine Setia jadi Mobil Dinas Ratu Elizabeth II

33
0

Mendiang Ratu Elizabeth II yang wafat pada Kamis, 8 September 2022 rupanya memiliki kecintaan pada dunia otomotif. Kecintaan Sang Ratu terutama ditujukan kepada mobil-mobil asal Inggris.

Bahkan Ratu Elizabeth pernah mendapatkan hadiah istimewa pada perayaan ke-50 naik tahtanya Sang Ratu (Queen’s Golden Jubilee) pada tahun 2002.

Perusahaan otomotif Inggris, Bentley, mempersembahkan kendaraan istimewa bagi Sang Ratu, Bentley State Limousine.

Bentley State Limousine persembahan Bentley tersebut merupakan mobil buatan tahun 2002, yang terdiri dari dua unit yang dibuat spesial untuk Ratu.

Satu unit digunakan sebagai mobil dinas Ratu ELizabeth II, dan satu unit lainnya disimpan di Royal Mews, semacam garasi untuk mobil anggota keluarga kerajaan.

Bentley State Limousine diproduksi secara khusus untuk Sang Ratu Inggris. Atap mobil dirancang sedemikian rupa, sehingga saat terbuka dan Sang Ratu keluar dari atap, posisinya tetap terlihat penuh kharismatik.

Bersama Bentley State Limousine itu, Ratu Elizabeth II kerap menyambut lambaian tangan rakyat yang berdiri berbaris sepanjang jalan saat Sang Ratu melintas.

Lewat jendela panoramik yang ada di kendaraan tersebut, beberapa kali Sang Ratu menjulurkan badannya untuk melambaikan tangan kepada rakyatnya.

Pintu tempat Ratu Elizabeth II keluar masuk mobil bisa dibuka hingga 90 derajat sehingga Sang Ratu bisa dengan mudah keluar dan masuk tanpa banyak melakukan pergerakan badan.

Bentley State Limousine milik Ratu Elizabeth II menggunakan mesin V8 twin-turbocharged 6,75 liter dengan kekuatan 400 daya kuda. Kecepatan maksimalnya mencapai 209 km/jam.

Mobil ini dibangun dari basis Bentley Arnage tapi dengan dimensi yang mengalami perubahan untuk disesuaikan dengan kebutuhan Sang Ratu.

State Limousine ini lebih panjang 83 cm, lebih tinggi 25,5 cm, dan lebih lebar 6,8 cm. Sudah pasti beberapa fitur keselamatan dan keamanan juga turut disertakan.

Jendelanya bisa digelapkan total untuk melindungi Sang Ratu dari bidikan musuh. Seluruh bodi dan kacanya juga sudah anti peluru. Kabinnya bisa kedap udara sehingga aman dari serangan gas beracun.

Bodinya anti ledakan bom dan semua bannya dilapis bahan kevlar anti peluru. Mobil ini juga menggunakan fitur dan teknologi modern yang menjadi standar mobil pemimpin negara.

Bentley State Limousine ini diklaim sebagai mobil pemimpin negara termahal di dunia yang dilabeli harga 10 juta paun (sekitar Rp201 miliar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here